PERSIAPAN MENJELANG PUASA RAMADHAN

PERSIAPAN MENJELANG PUASA RAMADHAN

24 Juni 2016

Ramadhan segera tiba, dan umat muslim di seluruh dunia harus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan penuh berkah tersebut. Bulan Ramadhan memang memiliki banyak keistimewaan. Dibulan ini umat muslim di seluruh penjuru dunia wajib menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Untuk menyambut kedatangannya, maka diperlukan persiapan yang matang agar bisa beribadah dan berpuasa dengan lancer selama sebulan kedepan. Jika belum terbiasa untuk melakukan puasa selama sebulan penuh, ada baiknya jika kamu mempersiapkan fisik dan mental dari sekarang. Berikut adalah tips yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan :

Perbanyak konsumsi cairan sebelum berpuasa.

Hal ini dapat membantu kamu untuk terbiasa puasa dan melatih kesabaran serta hawa nafsu sebelum ramadhan datang.

Perbaiki pola tidur.

Kurangi bergadang dan bangun di siang hari. Karena hal ini akan menyulitkan kamu untuk bangun saat sahur nanti. Cobalah untuk melatih diri tidur lebih awal.

Konsultasi dengan dokter.

Sekiranya kamu memiliki penyakit yang tidak diperbolehkan untuk tidak makan atau minum dalam jangka waktu yang sedikit lama atau tidak. Ketakutannya jika kamu tidak konsultasi terlebih dahulu adalah ternyata pada saat pelaksanaan puasa nanti, kamu memiliki penyakit kronis. Maka dari itu, konsultasikan ke dokter mulai dari sekarang. Sekiranya, makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka, yang tidak membahayakan tubuh.

Siapkan menu Makanan Hingga Lebaran

Tidakkah senang jika melihat si kecil bersemangat dalam berpuasa? Oleh karena itu, tunjang segalanya demi keberlangsungan ibadahnya. Minimal persiapkanlah makanan dan minuman selama bulan Ramadhan hingga menuju hari kemenangan nanti. Bersama anak mulailah menyusun jadwal menu sepanjang bulan suci ramadhan berikut resep dan cara penyediaannya. Bahan-bahan yang tahan lama bolehlah disiapkan dari sekarang. Jika ada rencana mau membuat kue-kue lebaran sendiri rancang dari sekarang bagaimana cara mengatur waktunya sehingga tidak terlalu menyita waktu ibadah kita.

Menyusun agenda bersama keluarga

Mulailah berbagi dengan sepenuh hati bersama anak dan suami tersayang. Isilah dengan kebaikan melalui cerita-cerita menjelang tidur atau disaat senggang. Minta anak bercerita tentang kenangan mereka di bulan puasa yang lalu. Tentang harapan-harapannya (target ibadah) yang tercapai dan yang gagal terlaksana. Begitu juga dengan target ibadah yang akan dicapai pada bulan puasa mendatang. Misalnya berapa kali khatam Qur’an, shalat tarawih, rencana i’tiqaf dan lain-lain. Tulis dan buat agenda khusus untuk ini.

Artikel Lain

Tutup

Cari Produk

Close

EN / ID Search