NGABUBURIT : OLAHRAGA TANPA DEHIDRASI

NGABUBURIT : OLAHRAGA TANPA DEHIDRASI

11 Mei 2018

Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Semua orang yang menjalankannya, berbondong-bondong mencari secercah berkah dari sang Pencipta. Berpuasa makan dan minum, menahan hawa nafsu, bersabar, tidur, olahraga, bersedekah, membantu orang lain meski itu untuk hal kecil, dan lain-lain. Kegiatan apapun yang dilakukan selama bulan suci ini berlangsung, asalkan bernilai positif untuk kehidupan diri sendiri maupun orang banyak akan mendapatkan pahala.  

Ada satu tradisi di Indonesia menjelang waktu berbuka puasa dibulan yang sakral ini, ya hanya Indonesia yang punya, yaitu ngabuburit. Tapi ngomong-ngomong, siapa yang sudah tau artinya ngabuburit? For Your Information, Ngabuburit itu diambil dari bahasa Sunda lho. Melansir dari berita CNN, 10 Juni 2016, Ngabuburit berasa dari kata “burit” yang artinya sore. Sedangkan ngabuburit, artinya menunggu sore. Dan di bulan Ramadhan ini, istilah ngabuburit pun dijadikan sebagai bentuk upaya menghabiskan waktu sore menjelang buka puasa dengan cara menyibukkan diri bersama keluarga atau kerabat terdekat. Ada yang mencari ta’jil (camilan buka puasa), ada yang JJS (Jalan-Jalan Sore) bersama keluarga, ada yang buka bersama sambil reuni teman lama, dan masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong tentang ngabuburit, alangkah baiknya digunakan untuk menyegarkan dan menyehatkan badan. Melansir dari sumber dalam artikel kompas, 27 Mei 2017, sesungguhnya dengan berpuasa saja, pria sudah menurunkan berat badan sebesar 1,5 kg, sedangkan wanita sebesar 0,9 kg. Namun itu semua percuma jika berbuka pusa dengan gorengan, es teh manis, dan lain sebagainya yang mengandung banyak kalori atau gula.

Tapi akan lain cerita jika ngabuburitnya dipakai untuk berolahraga. Jika kamu merasa ribet dengan pola/menu makan sahur dan buka puasa yang bagus, maka cobalah untuk berolahraga secara teratur. Luangkan waktu selama 15 - 30 menit sebelum berbuka puasa untuk berolahraga. Berikut tips olahraga ngabuburit ala Technoplast yang bisa meregenerasi sel-sel dalam tubuh, tidak mudah haus dan lelah, dan sangat efektif untuk berdiet ria ;

1. Jogging

Olahraga ini cukup menguras keringat, apalagi saat berpuasa. Tapi, ada caranya supaya kita tidak dehidrasi saat jogging. Jarak kaki yang digunakan hanya setengah dari langkah kaki saja. Luangkan waktu 15 menit untuk jogging. Dan 15 menit cooldown nya. Jadikan 6 sesi, dibuat bergantian. 5 menit jogging, 5 menit cooldown. Lakukan dengan teratur hingga adzan maghrib berkumandang.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang tepat bagi kamu yang ingin mengecilkan perut dan mengencangkan paha/betis. Namun jika dilakukan dengan keras, akan mudah dehidrasi dan membuat bibir jadi kering. Selama berpuasa, gunakan lah sepeda dengan gear kecil atau jika sepedamu itu memiliki 6 gear, tetaplah di gigi 1. Kemudian kayuhlah secara perlahan. Jika merasa kurang puas dengan pelannya laju sepeda, bersabarlah (toh, bersabar bisa menambah pahala kan?). Lakukan selama 20 menit, dan beristirahatlah selama 10 menit.

3. Naik-Turun Tangga

Bagi kamu yang tidak sempat berolahraga lantaran masih ada kerjaan di kantor, cobalah selama 30 menit untuk naik-turun tangga kantor. Karena sedang berpuasa, hindarilah melakukan aktivitas yang bisa memancing dahaga. Cukup dengan 2 anak tangga saja, cara naiknya yaitu dengan melangkahkan kaki kiri-kanan secara bergantian. Turunnya sama, langkahkan kaki kiri-kanan tapi dengan cara mundur. Lakukan selama 3 menit, sebanyak 10 kali. 2 menit, dipakai untuk naik-turun tangga, 1 menit untuk istirahat

Tahukah kamu jika berpuasa di bulan ramadhan ini bagaikan buah simalakama? Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan/ minuman dengan kandungan gula atau minyak berlebih, akan menambah berat badan serta kolestrol jadi tinggi. Sedangkan jika menu/pola makannya sehat dan diiringi dengan berolahraga setiap hari selama 15 - 30 menit sebelum berbuka puasa, akan menurunkan berat badan secara drastis. Kamu lebih pilih yang mana?

Jadikan momen Ramadhan ini sebagai ajang untuk berdiet ria! Tidak cuma sehat, tapi perut jadi kecil, bisa membentuk otot, buka puasa jadi tidak terasa, dapat pahala lagi. Kurang apa? Yuk, jangan sia-siakan kesempatan ini. Setahun cuma 1 bulan, lho… Bayangkan, 1,5 kg atau 0,9 kg ditambah dengan olahraga setiap hari saat perut sedang kosong tanpa ada rasa haus sama sekali. Hasilnya pasti akan sangat menakjubkan, Selamat mencoba!

Artikel Lain

Tutup

Cari Produk

Close

EN / ID Search