Hemat Pengeluaran Berlibur dengan Bawa Bekal Tumis Lezat Khas Ibu

Hemat Pengeluaran Berlibur dengan Bawa Bekal Tumis Lezat Khas Ibu

3 Januari 2018

Libur telah tiba! Ibu dan keluarga pastinya kini tengah menjalani aktivitas berlibur. Eits, alih-alih banyak pengeluaran tak terduga, ada baiknya ibu perlu menyiapkan bekal makanan yang lezat andalan ibu untuk anggota keluarga sebelum bepergian jarak jauh. Disatu sisi, ibu ingin memasak makanan bergizi secara simple sebagai pendamping nasi yang ibu bawa? Sayur tumis jawabannya!

Menumis adalah teknik memasak yang sangat sederhana dan mudah dipelajari. Selain itu, menumis juga menjadi favorit para ibu karena lebih hemat dari teknik memasak lainnya. Lantas bagaimana cara menjaga masakan tumis ibu tetap lezat untuk teman berekreasi? Melansir dari resepkoki.id yuk simak tips menumis di bawah ini…

1. Cuci dan Potong Bahan-Bahan dengan Ukuran Bite-Size

Setelah ibu menyiapkan dan mencuci semua bahan dengan bersih, penting untuk ibu memotong seluruh bahan dengan ukuran bite-size dan sama besarnya antara satu dengan yang lain. Hal ini penting agar tingkat kematangan sayur tumis ibu sama rata. Selanjutnya jika ibu menambahkan daging pada sayur tumis ini, marinasi daging yang akan dipakai dalam tumisan untuk menghilangkan bau tak sedap dan menambahkan cita rasa kelezatan masakan ibu.

2. Persiapkan wajan yang sesuai dengan bahan yang hendak dimasak

Pernahkah ibu melihat acara memasak di TV? Apa yang dilakukan chef tersebut saat hendak menumis? Yups. Chef tersebut menggunakan wajan ukuran sedang cenderung besar meski hanya menumis sedikit bahan makanan. Ternyata itu ada alasannya lho bu. Pada dasarnya semua makanan mengandung air atau juice sehingga pasti terjadi penguapan. Kalau wajan yang ibu gunakan terlalu penuh, uap akan terhambat di antara bahan lainnya dan proses menumis akan membutuhkan waktu lebih lama. Padahal dengan waktu menumis yang terlalu lama ini, masakan ibu akan overcooked dan vitamin yang ada akan berkurang lebih besar.

3. Panaskan margarin atau minyak terlebih dahulu

Saat menumis, kerap kali ibu memiliki kecenderungan untuk memilih margarin atau minyak goreng. Margarin memiliki titik asap (smoking point) yang lebih rendah dari minyak, oleh karena itu margarin lebih cepat leleh daripada minyak. Panaskan minyak atau margarin ke dalam wajan dengan tingkat api yang sedang. Tunggu hingga panas namun jangan sampai berasap ya bu, lalu masukkan bumbu yang sudah disiapkan dan aduk merata hingga mengeluarkan bau harum.

4.  Setelah bumbu, masukkan sayur bertekstur keras diikuti daging

Saat membuat tumisan dengan berbagai macam sayuran seperti cap jay, ibu perlu memasukkan sayuran bertekstur keras terlebih dahulu, hal ini karena sayuran bertekstur keras membutuhkan proses lama untuk membuatnya matang sempurna. Dilanjutkan dengan bahan lainnya secara urut seperti daging-dagingan. Untuk daging, tunggu hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Warna coklat menunjukkan daging memiliki kematangan hingga 80%.

5. Aduk Tumisan Seperlunya

Eits, saat menumis ibu tidak perlu mengaduk tumisan terus menerus. Hal ini agar bahan yang ibu tumis dapat matang merata dan terjaga teksturnya.

Itu dia tips menumis dari Tim Technoplast. Lezatnya tumisan khas ibu dijamin membuat ayah dan buah hati semakin senang dimasa liburnya. Share pengalaman ibu dalam menumis juga ya! 

Artikel Lain

Tutup

Cari Produk

Close

EN / ID Search