7 TIPS MEMPERSIAPKAN ANAK SIAP KEMBALI BERSEKOLAH

7 TIPS MEMPERSIAPKAN ANAK SIAP KEMBALI BERSEKOLAH

26 Juni 2018

Tak terasa, Masa liburan anak-anak segera usai. Sebentar lagi anak-anak mulai kembali bersekolah. Itu tandanya aktivitas Ibu dan Ayah akan kembali padat. Sebelum memulai kesibukan Ibu agar berjalan lancar, sebaiknya buat rencana dan check list kegiatan apa saja yang akan dilakukan terutama kegiatan yang berhubugan dengan buah hati kita. Hari pertama sering menjadi momok menakutkan untuk buah hati,tugas ibu lah untuk menenangkan buah hati dan menyakinkan dia agar rasa takutnya hilang. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar hari pertama sekolah menjadi hari yang menyenangkan buat buah hati

Yakinkan Kepada Buah Hati Bahwa Ia Akan Mendapat Teman Baru Yang Baik Hati & Sekolah Adalah Tempat Yang Menyenangkan
Sebelum memasuki hari pertama sekolah, Buah Hati mungkin akan bertanya-tanya mengenai kegiatan yang akan mereka lakukan selama di sekolah. Tanpa terkecuali ia juga akan terlihat gelisah dengan kondisi yang akan dihadapinya esok hari. Besar kemungkinan jika Ia sedikit merasa khawatir dengan lingkungan dan teman barunya. Ini saatnya Ibu menceritakan tentang dunia sekolah yang sebenarnya,dimana sekolah itu menyenangkan. Mulai dari fasilitas yang ada disekolah,seperti taman bermain dimana tempat ini merupakan tempat paling disukai anak-anak,lapangan olahraga yang dapat digunakan oleh buah hati melakukan aktivitas fisik yang dia sukai dan perpustakaan dimana buah hati dapat melihat dan membaca berbagai macam buku cerita. Ibu juga dapat menjelaskan tentang apa saja yang akan diajarkan oleh guru di sekolah,bagaimana guru menyayangi buah hati seperti seorang Ibu di sekolah atau Ibu bisa menceritakan semua kepada buah hati menggunakan gambar,agar buah hati lebih cepat mengerti.

Jangan lupa untuk menceritakan keseruan memiliki teman baru di sekolah serta cara bagaimana buah hati mendapatkan teman baru,mulai dari memperkenalkan diri, main bersama sampai dengan berbagi kepada teman, misalnya berbagi bekal sehat yang ibu bawakan kesekolah. Dengan begini buah hati akan merasa aman pada hari pertama sekolah.

Ajak Buah Hati Mempersiapkan Kebutuhan Sekolah
Tanamkan pada buah hati bahwa sekolah adalah hal yang menyenangkan agar buah hati selalu bersemangat ke sekolah. Salah satu caranya adalah ajarkan buah hati untuk menyiapkan segala kebutuhan sekolahnya sendiri. Mulai dari memilih alat tulis, buku tulis dan lainnya sesuai dengan kesukaanya sampai dengan memasukkan kebutuhan sekolah kedalam tas untuk dibawa esok hari. Dan untuk menjaga kesehatan buah hati,Ibu juga sebaiknya selalu membawakan bekal sehat untuk buah hati pergi kesekolah.

Persiapkan Kebersihan & Kerapihan Penampilan Buah Hati
Eits, untuk hal yang satu ini tidak boleh ketinggalan ya, Bu. Sebelum malam tiba, ibu bisa mengajak buah hati untuk duduk bersama dan memastikan agar anggota tubuh buah hati dalam keadaan bersih dan rapih. Mulai dari memastikan keadaan rambut dalam keadaan bersih dan rapih. Dilanjutkan dengan telinga, kuku kaki dan kuku tangan yang juga harus bersih tentunya. Tanamkan pada buah hati bahwa, dalam menuntut ilmu, persiapan diri harus maksimal sehingga dapat menerima ilmu dengan fokus. Selain itu, dengan tubuh yang bersih, kesehatan pun akan terjaga dan siap mengukir prestasi

Beri Motivasi Kepada Buah Hati Agar Lebih Percaya Diri dan Berani Bersosialisasi
Siapa yang tidak ingin buah hati memiliki teman yang baik? Itu semua bisa didapatkan jika Buah hati dapat bersosialisasi dengan baik. Bersosialisasi dengan baik didapatkan dengan rasa kepercayaan diri anak yang tumbuh dengan baik pula. Ibu bisa membiasakan mereka bertemu dengan orang tanpa selalu ditemani oleh Ibu dan Ayah didekatnya. Misalnya saat berada di pusat perbelanjaan, Anda bisa meminta padanya untuk bertanya pada petugas kasir atau petugas yang ada untuk mencari barang yang ingin Ibu beli. Selain itu, rasa percaya diri nya dapat tumbuh dengan baik jika orang tua membiasakan anak untuk menjadi pribadi yang asertifBiarkan Ia bebas untuk mengeluarkan pendapat dari pengalaman yang ia alami. Orang tua perlu memberikan arahan yang tepat dengan cara memulai diskusi ringan yang memancing anak untuk berfikir dan mengutarakan opininya secara runtut.

Dengan rasa percaya diri yang terbangun, akan mempengaruhi pada proses pengambilan sikap nya dalam bersosialisasi dengan teman-teman di sekitar. Selain itu, Ibu perlu menjelaskan mengenai pentingnya bersosialiasasi. Memiliki teman baru dan memupuk persahabatan melalui etika yang baik dalam berteman. Ajak anak untuk terbiasa mengucapkan kata-kata yang sopan agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik.

Menyantap Menu Sarapan Yang Sehat & Bergizi
Persiapan yang tak kalah penting selanjutnya adalah memberikan asupan tubuh dengan menu sarapan yang bergizi bagi buah hati. Dalam hal ini, siapkan menu makanan sehat yang Ia inginkan. Selain untuk membangkitkan mood agar buah hati lebih semangat, ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengkonsumsi menu sarapan yang bergizi.

Melansir dari laman alodokter pada (28/6), dengan mengkonsumsi menu sarapan setiap pagi, tubuh akan mendapatkan berbagai macam manfaat yang didapatkan. Misalnya, buah hati akan lebih fokus dan produktif saat menimba ilmu di sekolah. Membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, para peneliti menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih memiliki kemungkinan untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Sebagai contoh menu sarapan sehat yang telah diatur menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk anak usia 6-12 tahun antara lain, Setangkup roti dengan telur mata sapi + sayuran + susu, Nasi goreng + telur dadar + sayuran, Lontong sayur + telur + buah, Nasi uduk + ayam goreng + buah. 

Tidur & Bangun Lebih Cepat Dari Biasanya
Pasca liburan, hal lumrah terjadi jika jam tidur lebih longgar dari saat bersekolah. Untuk itu, satu hari sebelumnya orang tua bisa dengan kompak mengajak anak untuk tidur lebih cepat. Jelaskan pada buah hati bahwa dengan tidur lebih cepat, kemungkinan untuk bangun pagi tepat waktu akan lebih tinggi. Sehingga, buah hati akan berangkat sekolah dengan perasaan tenang dan senang.

Sebagian mempercayai, jika hari pertama bersekolah adalah hari penentu untuk selanjutnya. Jika hari pertama bersekolah diwarnai dengan penggunaan waktu yang disiplin, buah hati akan dengan mudah mengikuti pola yang sudah orang tua contohkan. 

Antar Buah Hati Di Hari Pertama Sekolahnya
Momen hari pertama bersekolah kerap menjadi hari yang mendebarkan. Hal ini terjadi lantaran buah hati harus pergi keluar lingkungan yang Ia belum pernah kenal sebelumnya. Bertemu dengan teman baru, lingkungan baru dan menerima pelajaran bagi sebagian buah hati tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karenanya, kerap terjadi respon menolak dari buah hati saat Ibu harus melepasnya masuk ke dalam ruang kelas.  

Saat orang tua mengantar anak ke sekolah, ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi orang tua untuk memberikan semangat kepadanya. Mengantar anak pada hari pertama sekolah adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sang anak, ini bisa dilakukan dengan cara memeluk atau mencium kening anak untuk membuatnya yakin bahwa sekolah bukanlah hal yang menakutkan dan akan membuatnya nyaman. Tak lupa semangati diri mereka agar mampu menyatu dengan teman-temannya dan berkenalan dengan yang lain.

 

Melepas anak untuk mulai bersekolah, adalah hari yang cukup penting. Sebagai orang tua membuat anak aktif dihari pertama sekolah adalah cara terbaik untuk meyakinkan bahwa buah hati  akan dapat bersosialisasi dengan baik & siap mengukir prestasi di sekolah.

Artikel Lain

Tutup

Cari Produk

Close

EN / ID Inquiry Search